Wednesday 9 October 2013

Membuat Garis Menggunakan DEV C++ dan Library OpenGL.

TUGAS GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
MEMBUAT GARIS DENGAN OPENGL


 * Menginstal DEV C++ dan Header Glut OpenGL.

Cara membuat garis Horizontal, Vertikal dan diagonal dengan menggunakan OpenGL. Pada pembuatan garis saya menggunakan Program DEV C++ sebagai IDE ( Integrated Developmet Environment ) untuk membuat garis nya.
Software yang digunakan untuk membuat program ini antara lain :

1. DEV C++ Sebagai IDE ( Integrated Developmet Environment ), 
    - Jika belum punya bisa download pada Link paling bawah.

2. Header Glut (Header yang digunakan untuk menuliskan program OpenGL)
    - Jika belum punya bisa download pada link paling bawah.

Setelah dua Software tersebut sudah anda download silahkan instal terlebih dahulu Dev C++ nya, setelah selesai kemudian instal Header Glut nya dengan Cara berikut :

1. Buka Dev C++.
2. Klik Menu Tools Lalu Pilih Package Manager.
    

3. Lalu akan muncul jendela Package manager, klik pada tombol instal lalu arahkan ke lokasi anda                   menyimpan  file Header Glut yang sudah anda download sebelumnya.
    

     Ganti Files of Type menjadi ( Generic Packages ) ada file berekstensi ( .rar atau .zip ) terbaca.

4.  Lalu klik open dan instal sampai selesai.


* Cara membuat Project Baru.

Setelah berhasil menginstal DEV C++ beserta Header untuk OpenGL, sekarang mulai membuat program dengan membuat project baru, dengan langkah sebagai berikut :

- Klik menu File > Pilih New > Project.
- Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL lalu  beri nama Project.

Setelah anda membuat project baru dengan cara diatas, Form Source Code yang anda lihat bukan lembar kerja kosong pada umumnya, akan tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini, yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . Untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja.

1. Membuat Garis Horizontal.

Caranya sama seperti membuat garis vertikal hanya saja Code yang dituliskan seperti berikut :

 /* OpenGL animation code goes here */
 /* Membuat garis Horizontal */

glClearColor ( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f );  // [ Memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar                                                                              dalam mode RGBA ]

glClear ( GL_COLOR_BUFFER_BIT );  //[ Membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam ]

glPushMatrix ();              // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
glClearColor (1,1,1,0);                       // [ Menentukan warna garis/titik ]
glColor3f (1,1,1);                 // [ Menentukan warna garis/titik ]

glBegin ( GL_LINES );                 // [ Menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f ( 0.0f, 0.0f, 1.0f );

glVertex3f ( -0.6f, 0.0f, 0.0f );      // [ Menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f ( 0.0f, 0.0f, 1.0f );                          //  [ Menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);              //   [ Menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd ();               // [ Mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();             //  [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]

SwapBuffers (hDC);     // [ Menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]

Sleep (1);
        }
    }

    /* Shutdown OpenGL */


Setelah anda menuliskan code tersebut, jalankan file dengan mengcompile project cara nya tekan tombol F9 pada file yang akan di compile, maka akan meminta untuk di save, maka save file dan beri nama kemudian jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. Jika tidak terdapat error maka program akan langsung berjalan dan menghasilkan output/tampilan .

Berikut ini hasil output dari program diatas :





2. Membuat Garis Vertikal.

Untuk Membuat garis Vertikal tuliskan code berikut setelah komentar :

 /* OpenGL animation code goes here */ :
 /* Membuat garis Vertikal */

glClearColor ( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f );   // [ Memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar                                                                              dalam mode RGBA ]

glClear ( GL_COLOR_BUFFER_BIT );   // [ Membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam ]

glPushMatrix ();             // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]

glClearColor ( 1, 1, 1, 0 );     // [ Menentukan warna garis/titik ]

glColor3f ( 1, 1, 1 );             //  [ Menentukan warna garis/titik ]

glBegin( GL_LINES );                // [ Menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f ( 0.10, 10.0 , 13.13 );    // [ Menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f ( 0, 0, 0. 0 );                 //  [ Menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd ();                                                 // [ Mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();                              // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]

SwapBuffers ( hDC );            // [ Menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]

Sleep ( 1 );

        }
    }

    /* Shutdown OpenGL */

Menjalankan nya pun sama seperti cara membuat garis Horizontal di atas yang kemudian akan menghasilkan output/tampilan seperti gambar berikut :





3. Membuat Garis Diagonal.

Code yang dituliskan adalah Seperti berikut :

/* OpenGL animation code goes here */
 /* Membuat garis Diagonal */

glClearColor ( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f );   // [ Memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar                                                                               dalam mode RGBA ]

glClear ( GL_COLOR_BUFFER_BIT );     // [ Membersihkan layar latar belakang dengan warna                                                                                                    hitam ]

glPushMatrix ();                            // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]

glClearColor ( 1, 1, 1, 0);   // [ Menentukan warna garis/titik ]

glColor3f ( 1, 1, 1 );                  // [ Menentukan warna garis/titik ]

glBegin ( GL_LINES );        // [ Menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f ( 0, 0, -0.8 );             // [ Menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f ( 9.9, 8.9, 0.1 );    // [ Menentukan titik akhir yang digunakan ]



glEnd ();                            // [ Mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();                             // [ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]

SwapBuffers ( hDC );             // [ Menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]


Sleep ( 1 );

        }
    }

    /* Shutdown OpenGL */


Maka hasil Outputnya akan seperti gambar berikut :





 Demikian lah tutorial cara membuat garis Horizontal, Vertikal dan Diagonal dengan Dev C++ pada      OpenGL.



  Download DEV C++ di : http://www.bloodshed.net/dev/devcpp.html
  Download Open GL di  : http://www.javaforge.com/doc/105278
  Sumber Download Software di www.abdulghanni.blogspot.com


BAGUS DWI SETYANTO
3KA33
11111364






No comments:

Post a Comment

< semua adalah sama benar dan menarik tak ada yang berbeda >